Kamis, 16 Desember 2010

"Aku Semakin Tau"

Batasan Pergaulan Remaja Muslimah

Ahad sore kemarin tuh aku di daulat buat ngisi kajian irmawati di Piyungan. Seneng banget setelah hampir setahun ini malang melintang di pimpinan wilayah ikatan remaja muhammadiyah diy, balek juga aku ke tempat asalku, tempat pertama kali aku berdakwah secara langsung di masyarakat….ya meskipun sebenarnya selama di pw aku juga masih menjalin komunikasi yang sangat efektif dengan temen2 cabang yang ‘penggedenya’ kebetulan sodara sendiri :D ..but..rasanya beda aja..palagi banyak banget kader2 baru disini…Subhanallah



Nah.. di kajian ini aku di minta ngisi materi “Batasan Pergaulan Remaja Muslimah”

Jujur buat ngisi materi ini aku harus browsing-browsing lagi buat cari referensi sebanyak mungkin.. sempet liat-liat di toko buku juga..but akhirnya manfaatin hp buat browsing :D

Poin-poin yang penting mengenai “Batasan Pergaulan Remaja Muslimah” kurang lebihnya kayak gini.. CateT y..

Seorang Muslimah tuh boleh bergaul dengan siapa aja..BUT harus tau batas-batasnya lo..yang aku rangkum sih kayak gini nih…

1.Menggunakan pakaian yang menutup aurat (berjilbab)
2.Menjaga pandangan Mata dari Melihat lain jenis yang berlebihan (liat QS. An-Nur :31)
3.Tidak berdua-duaan antara pria dan wanita yang bukan mahramnya
4.Tidak bersentuhan kulit antara pria dan wanita, termasuk berjabat tangan (ini yang sering dilanggar cewek2)

“Tak pernah sekali-kali tangan Rasululullah menyentuh tangan wanita yang tidak halal baginya” (HR. Bukhari Muslim)


5. Dalam sebuah forum, pria dan wanita hendaknya dipisah


6. Tidak tunduk daam berbicara (mendayu-dayu gitu maksudnya….) Liat QS. Al-Ahzab 32


7. Tidak menggunakan parfum yang berlebihan


8.Cara berjalan yang tidak menarik perhatian kaum lelaki




Hm.. Insya allah kalo kita bisa menjaga batasan-batasan itu y kita bisa menjaga kehormatan kita. Cos IsLam mengatur pergaulan bagi kaum muslimah dengan pergaulan yang suci, aman and mulia lhO…. :)

Pas Nyampein Materi ini .. jujur aku juga jadi merenungkan kembali setiap sikap and tindakan ku selama ini.. apakah dah bisa menjaga batasan-batasan itu.. Insya allah sih sudah :D meski sOmetimes khilaf juga…terutama untuk gaya bicara itu, cos sometimes childish banget…namanya juga manusia….yang penting ga boleh keterusan :D How about You?

0 komentar:

Posting Komentar